Pengertian Windows API

05 February 2010

Windows API (Application Programming Interface) merupakan sekumpulan fungsi-fungsi eksternal yang terdapat dalam file-file perpustakaan Windows (library Windows) atau file library lainnya yang dapat digunakan oleh program. Fungsi ini dapat menangani semua yang berhubungan dengan Windows, seperti pengaksesan disk, interface printer, grafik Windows, kotak dialog (buka file, simpan file, memilih font, memilih warna, dll) Windows shell, setting sistem operasi, penanganan file, mengakses sitem registry, memainkan musik, dan sebagainya. Fungsi inni menyediakan banyak fitur-fitur standar untuk semua program yang berbasis Windows.

Hampir semua fungsi Windows API terdapat dalam direktori sistem milik Windows dan paling banyak berekstensi .DLL yang digunakan oleh sistem operasi Windows. Selain itu fungsi ini juga memastikan secara konsisten penggunaan semua sumber yang terdapat dalam Windows. File-file itulah yang disebut dengan Windows API.

Karena fungsi Windows API merupakan fungsi eksternal, maka untuk menggunakan fungsi tersebut terlebih dahulu dideklarasikan dengan perintah Declare didalam kode program. Setelah pendeklarasian fungsi selesai dilakukan, selanjutnya anda bebas untuk menggunakan fungsi tersebut layaknya bahasa Visual Basic didalam program.

Dari Berbagai Sumber.
http://gnoubdils.blogspot.com/ Pengertian Windows APISocialTwist Tell-a-Friend

0 comments:

Post a Comment

Artikel Lain

 
 
 

Go To Link

  »  A1VBCode
  »  Bina Sarana Informatika
  »  Blogger
  »  Deconstruction Code
  »  Diskusiweb
  »  dremi.info
  »  Echo
  »  Facebook
  »  Gary Abraham
  »  Ilmu Website
  »  JQuery
  »  Mahesajenar Widget
  »  STMIK Nusa Mandiri
  »  OOM Blog
  »  Planet Source Code
  »  Rahma Blog
  »  Terren Jr
  »  VB-Bego
  »  Herry Blog

Advertisement