Deklarasi Variable Di Visual C++ 2005

07 July 2010

Variable merupakan tempat untuk menyimpan data yang akan diproses oleh program yang disimpan dimemori komputer selama variable tersebut masih digunakan oleh program.
Dalam mendeklarasikan sebuah variable khususnya di visual c++ sama halnya dengan pendeklarasian variable di C++ dimana terdapat beberapa aturan yang harus diikuti, aturan-aturan tersebut yaitu :
1. Variable bersifat case sensitive yang artinya membedakan antara penulisan VARIABLE dengan variable atau Variable.
2. Nama variable tidak boleh diawali dengan angka atau terdiri dari angka semua misalkan, 1angka, 1234
3. Nama variable tidak boleh mengandung spasi apabila memang harus mengandung spasi maka bisa diganti dengan underscore ( _ ) misalkan ini_variable
4. Nama variable tidak boleh menggunakan simbol-simbol seperti /, #
5. Nama variable tidak boleh menggunakan keyword / kata kunci khusus yang telah digunakan oleh bahasa pemrograman bersangkutan misalkan if, return

Variable dibagi menjadi 2 jenis yaitu variable lokal dan global.
Variable lokal adalah variable yang hanya bisa digunakan pada lingkup tempat variable tersebut dideklarasikan. Misalkan variable A dideklarasikan pada fungsi A atau objek A.
Variable global adalah variable yang dideklarasikan pada lingkup yang lebih tinggi dari fungsi atau objek.

Dalam tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana mendeklarasikan variable di visual c++ 2005 baik yang bersifat lokal maupun global.
Berikut langkah-langkahnya :
1. Buatlah sebuah form baru pada visual c++ 2005 dengan didalamnya ditambahkan 2 buah objek button seperti pada gambar dibawah ini


2. Kita terlebih dahulu akan mendeklarasikan variable didalam sebuah objek button. Klik ganda button pertama yang memiliki caption/text Variable Lokal kemudian ketikanlah script berikut ini:
private: System::Void button1_Click(System::Object^  sender, System::EventArgs^  e) {

int nilailokal = 15;

MessageBox::Show("Angka yang berada pada variable nilai lokal = " + nilailokal.ToString(), "Hasil");

}
int nilailokal = 15 merupakan deklarasi sebuah variable yang bersifat lokal.

3. Berikutnya adalah mendeklarasikan variable yang bersifat global. Untuk mendeklarasikan variable yang bersifat global pada jendela code carilah kode berikut ini :
public ref class Form1 : public System::Windows::Forms::Form
kode diatas merupakan kode yang secara otomatis diciptakan oleh visual c++ 2005 yang menunjukan bahwa class Form1 merupakan class yang bersifat public.
untuk mendeklarasikan variable yang bersifat global deklarasikanlah variable tersebut diatas kode diatas dimana nantinya akan seperti kode dibawah ini :
int nilaiglobal = 3;

public ref class Form1 : public System::Windows::Forms::Form
kembali lagi ke jendela form double klik button kedua yang memiliki caption/text Variable Global kemudian ketikkanlah kode berikut ini :
MessageBox::Show("Angka yang berada pada variable nilai global = " + nilaiglobal.ToString(), "Hasil");
4. Jalankan program dengan menekan tombol F5 pada keyboard. Kliklah tombol yang ada di form. maka akan tampil seperti gambar dibawah


Gambar pertama merupakan hasil apabila anda mengklik tombol Variable Lokal, sedangkan gambar kedua merupakan hasil apabila anda mengklik tombol Variable Global. Deklarasi Variable Di Visual C++ 2005SocialTwist Tell-a-Friend

2 comments:

Untuk Message::Box itu apa harus diketik secara manual? Tidak bisakah menggunakan fasilitas toolbox di Form1.h [Design]?

GnouBdilS said... Reply

@wise : coba diliat lagi toolboxnya ada tidak komponen messagebox ? :) saya rasa 99,9% bahasa pemrograman lain pun sama, yang namanya messagebox itu tidak akan ada di toolbox alias harus diketik secara manual :) (bahasa pemrograman lain yang saya maksud adalah : vb 6, vb.net, foxpro, delphi, dan java)

Post a Comment

Artikel Lain

 
 
 

Go To Link

  »  A1VBCode
  »  Bina Sarana Informatika
  »  Blogger
  »  Deconstruction Code
  »  Diskusiweb
  »  dremi.info
  »  Echo
  »  Facebook
  »  Gary Abraham
  »  Ilmu Website
  »  JQuery
  »  Mahesajenar Widget
  »  STMIK Nusa Mandiri
  »  OOM Blog
  »  Planet Source Code
  »  Rahma Blog
  »  Terren Jr
  »  VB-Bego
  »  Herry Blog

Advertisement