Pengenalan Pemrograman Python

21 September 2010

Python merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Guido van Rossum pada tahun 1989 di Amsterdam, Belanda. Bersifat open source sehingga bebas anda pakai tanpa harus membeli interpreternya dan dapat didownload secara gratis pada situsnya di http://www.python.org/ . Sebagai bahasa yang multiplatform, yang dapat berjalan didalam lingkungan sistem operasi seperti Windows, UNIX, Linux, dan Mac, Python memberikan kemudahan dalam menulis suatu program dan juga memberikan portabilitas yang tinggi.

Python banyak diminati karena kesederhanaannya. Didalam bahasa inti python sendiri hanya menyediakan sedikit tata bahasa dan kosakata sehingga mudah untuk diingat. Hal ini berbeda dengan bahasa seperti C, yang menawarkan berbagai alternatif pengkodean untuk melakukan tugas yang sama. Sebagai contoh untuk menangani masalah perulangan bahasa C menyediakan perintah for dan while sedangkan python hanya menyediakan perintah while. Namun bukan berarti perintah for tidak ada didalam python, hanya saja perintah ini digunakan untuk kepentingan lain, yaitu khusus untuk menangani list.

Python mendukung banyak pustaka yang tersimpan dalam modul-modul, diantaranya mendukung jaringan, antarmuka grafis, pencitraan, analisis dan komputasi numerik, hypertext(html, xml, dll), akses database, dll.
Selain sederhana, kode Python mudah untuk dibaca oleh siapa saja, baik oleh pemula maupun oleh mereka yang sudah terbiasa dengan dunia pemrograman. Hal ini berarti Python mudah untuk dipelajari.

Kemudahan untuk memperlajari bahasa pemrograman Python juga dikarenakan Python menggunakan interpreter sebagai penterjemah. Dengan menggunakan interpreter Python, pengguna dapat menguji suatu pernyataan dalam Python secara interaktif, tidak perlu menuliskan kode dalam bentuk program.

Python merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP), oleh karena itu keistimewaan tentang pewarisan dan instansiasi yang ditawarkan pada bahasa pemrograman berorientasi objek juga dapat diwujudkan pada Python.

A. Menuliskan Perintah Secara Interaktif
Untuk menuliskan sebuah perintah Python secara interaktif, terlebih dahulu kita harus memanggil interpreternya dengan cara mengetikan python kemudian Enter pada prompt shell Linux atau dengan cara mengklik tombol Start -> All Programs -> Python 2.4 -> Python (command line) pada Windows.


Gambar berikut memperlihatkan keadaan setelah Python dipanggil pada Windows


Selain menggunakan interpreter berbentuk baris perintah Python juga menyediakan antarmuka pemakai grafis yang dinamakan IDLE (Integrated Development Environtment) yang dapat diakses dengan cara mengklik tombol Start -> All Programs -> Python 2.4 -> IDLE (Python GUI) pada Windows.


Apapun yang anda gunakan anda akan menemukan prompt >>> setelah anda memanggil interpreter Python. Prompt tersebut menyatakan bahwa interpreter Python siap menerima instruksi dari pemakai.
Contoh ketikanlah perintah berikut ini :
print "Python"
kemudian tekan tombol Enter. Anda akan menjumpai tulisan Python dibawah perintah yang anda ketik tadi.


Notasi "Python" menunjukan suatu string yang berisi tulisan Python. Pernyataan print "Python" berarti menampilkan string Python.

Contoh lain, ketikanlah perintah berikut :
a=5

a+7
 maka pada Python akan ditampilkan berikut ini :


Pada contoh diatas, a=5 merupakan pernyataan untuk memberikan nilai 5 ke variabel bernama a. Variable merupakan suatu wadah yang dapat digunakan untuk menyimpan nilai dan nilai didalamnya bisa dirubah sewaktu-waktu. Perintah a+7 menyatakan suatu instruksi untuk menampilkan penjumlahan antara isi variable a dengan nilai 7.

Selain contoh diatas, dengan menggunakan Python anda bisa menuliskan suatu instruksi yang lebih kompleks yang melibatkan beberapa baris, sebagai contoh perintah berikut :
if 3 < 4:
print "Benar"
Hasilnya adalah sebagai berikut :


B. Membuat Program
Menulis perintah secara interaktif berguna untuk menguji suatu perintah dengan mudah. Anda mengetikan suatu perintah dan langsung mendapatkan hasilnya. Namun adakalanya anda perlu menuliskan sekumpulan instruksi dalam suatu berkas.

Untuk membuat sebuah program dengan bahasa Python anda bisa menggunakan media notepad maupun IDLE dari Python.
Bila anda menggunakan IDLE Python dari IDLE Python klik menu File -> New Window.
Dari jendela baru inilah kita akan membuat sebuah program baru, ketikanlah skrip berikut ini :
print "Hello World.."
print "Selamat Belajar Python"

kemudian simpan dengan cara mengklik menu File -> Save As kemudian pilihlah lokasi tempat penyimpanan dan berilah nama file dengan nama awal.py dalam kasus ini saya menyimpan file pada folder C:\Python24.

Jika anda menuliskan skrip Python dilingkungan UNIX dan Linux anda perlu menyisipkan baris berikut pada awal skrip :
# ! /usr/local/bin/python
Baris tersebut berfungsi untuk memberitahukan kepada sistem operasi untuk mengeksekusi skrip dengan menggunakan interpreter Python yang terletak pada direktori /usr/local/bin. Jika program Python dikomputer anda tidak terletak pada direktori tersebut tentu saja anda harus menyesuaikannya. Untuk menemukan lokasi interpreter Python gunakan perintah berikut pada prompt shell UNIX/Linux :
Whereis python
Untuk menjalankan skrip Python pada lingkungan UNIX/Linux dengan cara mengetikan skrip berikut :
$ chmod +x namaskrip.py
$ namaskrip.py
Pada lingkungan Windows, anda bisa menjalankan skrip Python dengan cara berikut :
python namaskrip.py
atau
namaskrip.py
Khusus untuk skrip yang kedua (berwarna ungu) anda harus menuliskan perintah berikut pada prompt shell sebelum menjalankannya :
SET PATH=%PATH%;C:\Python24
Dilihat dari skrip diatas prompt shell menset variable DOS bernama PATH untuk merujuk kepada folder C:\Python24 bila anda menyimpan skrip pada folder lain ubahlah PATH agar merujuk kepada folder tersebut.
Dalam kasus saya, karena saya menyimpan file program pada folder C:\Python24 dengan nama file awal.py
maka skrip untuk menjalankannya adalah sebagai berikut :

SET PATH=%PATH%;C:\Python24
awal.py


Atau untuk lebih mudahnya, bila anda menggunakan IDLE Python untuk membuat program tersebut ada cara yang lebih mudah untuk menjalankan program yaitu dengan mengklk menu Run -> Run Module atau mengklik tombol F5.
Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :


Pengenalan Pemrograman PythonSocialTwist Tell-a-Friend

0 comments:

Post a Comment

Artikel Lain

 
 
 

Go To Link

  »  A1VBCode
  »  Bina Sarana Informatika
  »  Blogger
  »  Deconstruction Code
  »  Diskusiweb
  »  dremi.info
  »  Echo
  »  Facebook
  »  Gary Abraham
  »  Ilmu Website
  »  JQuery
  »  Mahesajenar Widget
  »  STMIK Nusa Mandiri
  »  OOM Blog
  »  Planet Source Code
  »  Rahma Blog
  »  Terren Jr
  »  VB-Bego
  »  Herry Blog

Advertisement